Rabu, 13 Oktober 2010

Bagaimana Virus Menyebar di Komputer atau Laptop Anda

Virus dapat menyebar dan beberapa titik rawan di komputer atau laptop Anda dengan berbagai cara sebagai berikut:
1. Perangkat Lunak Bajakan
Saya jadi ingat awal menjamumya virus di Indonesia. Kalau saya tidak salah ingat, dimulai dengan booming-nya virus boot sector yang bernama Brain buatan Alvi bersaudara yang disisipkan pada perangkat lunak bajakan yang ngepop saat itu (seperti program Lotus 123 dan WordStar). Kedua program tersebut jika dibandingkan dengan program saat ini adalah seperti EXCEL dan WORD.

2. Situs WWW
Pada beberapa situs ada yang secara sengaja memasangkan program-program berbasis Java yang sifatnya nakal. Yang pada akhinya dapat memicu aktifnya virus.

3. File-File Network dan Lingkungan Network
Dalam lingkungan kerja jaringan, kita tentu dapat berbagi dan mengakses file milik teman. Jika kebetulan teman Anda iseng memasangkan file virus, ada kemungkinan akan Anda ambil dan jalankan. Ada juga yang sekadar memberi pelajaran pada BOSS yang suka usil membuka-buka file program milik bawahannya.

4. Download File
Titik satu ini merupakan titik rawan penyebaran virus. Oleh karena itu, jangan asal main download dan internet ya? Kita harus yakin dengan file yang kita unduh dan internet, sebelum kita benar-benar ingin menjalankannya. Siapa tahu file tersebut bermasalah mengandung virus.

5. File Tambahan pada Email
File tambahan yang disertakan pada email (attachment) juga dapat dicurigai sebagai titik berkembangbiaknya virus. Jadi, hati-hati saat menerima file tam¬bahan pada email dan orang yang tidak kita kenal dengan baik. Bahkan dan orang yang kita kenal dengan balk pun, kita hams tetap waspada. Mengapa? Karena ada virus yang kadang meminjam nama teman kita untuk mengelabui kita.

6. Pertukaran Disk

Pertukaran disk antarteman, pinjam-meminjam CD, atau flashdisk juga amat berpotensi mendukung merebaknya virus komputer.

7. Lab Komputer/WARNET
Tempat yang satu ini tidak usah diragukan lagi. Umumnya akan berisi dengan berbagai macam virus karena pemakainya juga banyak serta beragam keinginan dan kemampuannya. Juga merupakan ajang show off tentu saja...

Referensi+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN
Dilarang melakukan copy paste (copas) atas sebagian atau semua isi konten dalam blog ini tanpa ada perizinan dari penulis, pelanggaran ini dianggap sebagai pencurian dan itu adalah bentuk KRIMINALITAS.
DMCA.com