Rabu, 03 September 2014

Pengertian Hama Penyakit Tanaman

Agar tidak terjadi kekeliruan dalam pemberantasannya, pengertian hama dan penyakit harus diketahui terlebih dahulu. Hama ialah binatang perusak tanaman yang dibudidayakan, misalnya padi, gandum, kentang, mangga, apel, dan jambu. Penyakit ialah penyebab tanaman menjadi sakit, misalnya bakteri, cendawan, virus, kekurangan atau kelebihan air, kekurangan atau kelebihan unsur hara, serta terlalu panas atau terlalu dingin. Sementara itu, sakit ialah kondisi menyimpang dari keadaan normal, misalnya tanaman tomat mula-mula kelihatan segar pada waktu pagi, tiba-tiba menjadi layu.
Setelah pengetahuan tentang hama dan penyakit dimiliki, pengendalian hama dan penyakit akan lebih mudah sehingga tanaman tetap sehat dan produktif. Sementara itu, tindakan yang dilakukan agar tanaman terlindung dari serangan hama dan penyakit disebut proteksi tanaman.

Pengendalian hama yang baik yaitu dengan cara biologis. Pengendaliannya meliputi penggunaan predator, binatang pemakan hama, atau penggunaan parasit dan bakteri yang dapat menyebabkan sakit pada hama. Pemberantasan secara biologis ini hanya akan mematikan hama. Sementara itu, serangga lain yang bukan hama akan terhindar dari kematian.

Hama dan penyakit merupakan organisme parasit. Yang dimaksud dengan parasit ialah tanaman atau binatang yang hidup menumpang pada bagian luar atau di dalam tubuh tanaman atau binatang. Parasit memperoleh sebagian zat makanan atau seluruhnya dari tubuh yang ditempati tanpa memberi imbalan sedikit pun. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa parasit ialah semua kehidupan yang hidupnya tergantung dari kehidupan yang lainnya. Parasit memakan atau mengisap zat makanan dari makhluk hidup yang lainnya dan tidak bisa hidup sendiri. Tempat parasit tumbuh dan makan tersebut dikenal dengan nama inang.

Tanaman atau binatang yang mudah terserang parasit disebut peka. Jika mempunyai kemampuan mencegah serangan parasit, tanaman atau binatang tersebut resisten atau tahan. Sementara itu, jika sama sekali tidak dapat diserang parasit, tanaman atau binatang tersebut kebal.

Referensi+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN
Dilarang melakukan copy paste (copas) atas sebagian atau semua isi konten dalam blog ini tanpa ada perizinan dari penulis, pelanggaran ini dianggap sebagai pencurian dan itu adalah bentuk KRIMINALITAS.
DMCA.com